--> Sekilas Tentang Pondok Pesantren Al-Khairaat Bulungan
Home Artikel

 Al-khairaat ialah lembaga pendidikan islam terbesar yang berada di kawasan timur Indonesia.Pendirinya ialah Habib Idrus bin Salim Al jufri atau yang kerap disapa dengan sebutan "Guru Tua",seorang  muballigh ulung dari Hadramaut Yaman.Didirikan pada tahun 1930 berpusat  di Kota Palu Sulawesi Tengah,dan terus beranak pinak hinga kini hampir  berjumlah 2000 cabang yang tersebar di kawasan timur indonesia.


 Al-Khairaat di Bulungan Kalimantan Timur dibuka oleh Habib Idrus Aljufri pada tahun 1939,namun  hanya sebatas Madrasah Idtidaiyyah,di dua tempat yaitu di Tanjung Selor (Kampung Arab) dan di Tanjung Palas.




 Sebagai kelanjutan dari perannya,Al Khairaat di Bulungan yang gersang dari pendidikan agama islam.Dibukalah pada tahun 2003 Pondok Pesantren Al Khairaat  yang bertempat di Jelarai Tanjung Selor.Dibawah asuhan Ustadz Muthahhar Al Jufri,Pondok Pesantren Al-Khairaat  berjalan dengan metode  semi salafy-modern seperti kebanyakan pesantren-pesantren modern sekarang ini.


 Selain belajar kitab0kitab salaf atau yang dikenal juga dengan sebutan kitab kuning,para santri pun diajarkan pengetahuan umum layak sekolah-sekolah negeri.Dengan jenjang pendidikan menengah pertama SMP di bawah naungan Depdiknas,dan menengah atas MA di bawah naungan Depag.


 Delapan tahun Al Khairaat  berperan di  Bulungan,kini telah  memiliki santri sebanyak 150 santri,yang berasal dari  berbagai daerah utara Kalimantan Timur (Tarakan,Sebatik,Berau,Nunukan,Tana tidung),hingga  ada beberapa santri yang berasal dari negeri jiran Malaysia.Dan dari 150 santri seluruhnya dalam tanggungan yayasan ,atau gratis tanpa ada  pungutan biaya sepeser pun.


 Al-Khairaat bekerja sama dengan pemerintah bulungan,lima tahun terakhir ini  telah memberikan beasiswa belajar keluar negeri (timur tengah) bagi santri yang berprestasi.Dan beberapa beasiswa untuk melanjutkan  kuliah dalam negeri.











Baca juga :

No comments

Post a Comment

to Top