--> Mengenal Lebih Jauh Universitas Al-Ahgaff Yaman
Home Artikel

Tentang Universitas Al-Ahgaff Yaman

  Universitas Al-Ahgaff didirikan oleh Al-Habib Mahfudz bin Abdullah Al-Haddad. Resmi berdiri serta mulai membuka proses pendidikannya setelah mendapatkan izin resmi dari pemerintah Republik Yaman melalui ketetapan Mentri Pendidikan Yaman Nomor : 5 Tahun 1994. Dan telah terdaftar sebagai anggota Persatuan Universitas Arab (Ittihad Al-Jamiat Al-Arabiyyah).



 Berawal dari sebuah keinginan untuk bisa menyediakan sarana pendidikan yang bonafid dan berkualitas pada masyarakat muslim dunia, pendidikan yang mampu mencetak kader insan yang mumpuni dalam segala aspek kehidupan dan menanamkan ruh islami serta aqidah yang benar dalam pribadi pelajarannya.

  Universitas Al-Ahgaff berpusat di kota Al-Mukalla ibukota propinsi Hadhramaut Republik Yaman. Segenap yang komponen yang dimiliki Al-Ahgaff, seperti fakultas-fakultas, language center atau sekolah persiapan bagi mahasiswa baru, dan gedung rektorat sebagai pengendali utama kebijakan – kebijakannya semua berada dikota yang berada disemenanjung arab ini. Hanya Fakultas Syariah dan Hukum saja yang berada dikota Tarim Al-Ghanna. Hal ini sengaja dilakukan guna terwujudnya pendidikan syariah yang tidak berpusat dibangku kuliah belaka, tetapi perlu adanya kombinasi metode pendidikan melalui bi’ah (lingkungan).

 Mengingat kota Tarim terkenal sebagai kota ilmu dan ulama’. Kota Tarim sendiri terletak sekitar kurang lebih 300 KM dari ibukota propinsi, sedangkan untuk putri jurusan Dirosah Islamiyyah tetap mengikuti induknya di kota Al-Mukalla. Diantara alasan ditempatkannya fakultas Syariah dan Hukum terpisah dari induknya adalah factor kultur social kemasyarakatan kota ini yang sangat mendukung untuk dijadikan sebagai tempat bertafaqquh fiddin. Juga karena factor sejarah yang telah mendorong ditempatkannya fakultas ini di kota Tarim. Sebab sebagaimana yang telah diketahui bahwa dari sinilah islam dibeberapa belahan dunia (seperti Asia dan Afrika) bisa menyebar dan berkembang dengan pesat berkat kegigihan dan keikhlasan para tokohnya dalam berdakwah menyebarkan islam.

Metode Pengajaran

Metode pengajaran yang ditetapkan Universitas Al-Ahgaff selama ini adalah istem semester. Jenjang pendidikan yang berdiri dari sepuluh semester dan bisa ditempuh minimal selama 5 tahun dan maksimal selama 7 tahun (untuk Fakultas Syariah dan Hukum, Fakultas Sastra, dan Fakultas Kajian Islam) dan 8 tahun (untuk Fakultas Tehnik, Fakultas Ekonomi, dan Fakultas Ilmu dan Teknologi). Dan perlu diketahui bahwa Universitas yang berlambangkan masjid Al-Muhdhor initelah membuka program pasca sarjana dijurusan syariat dan sastra bahasa arab. Tetapi untuk mahasiswa Indonesia hanya diarahkan kepada :
  • Fakultas Syariah dan Hukum (Putra)
  • Fakultas Dirosah Islamiyyah (Putri) 

Untuk menghindari kemalasan mahasiswa dalam belajar dalam rangka menjaga mutu dan kualitas ilmu para alumnusnya maka Universitas Al-Ahgaff menerapakan absensi pada setiap mata kuliah. Ketidak hadiran mahasiswa akan mempengaruhi kelulusan mata kuliah tersebut. Dalam prosentasi absen, mahasiswa yang tidak hadir melebihi batas 10% dari jam materi akan dianggap gagal dalam mata kuliah tersebut. Mungkin inilah salah satu ciri khas tersendiri bagi Uninersitas Al-Ahgaff yang sama sekali tidak memperbolehkan mahasiswanya ber-intisab (hanya hadir dalam waktu ujian saja). Dan selain itu, yang membedakan universitas ini dengan universitas-universitas yang ada dibelahan dunia adalah system penilaian dan tingkat kenaikan tingkat menurut hasil tiap mata kuliah disetiap semester dari hasil penggabungan nilai ujian akhir dan dua kali nilai ujian penyaringan (ujiansyahr awal dan syahr tsani).



Waktu kuliahnya adalah setiap hari selain Jum’at, dimulai jam 08.00 pagi – 13.00 siang dari paket kuliah yang sudah ditentukan oleh pihak kuliah. Dan terkadang jadwal kuliah dilakukan pada sore hari dan malam hari menurut jadwal yang ditentukan

Bahasa Pengantar Kuliah

Bahasa pengantar yang digunakan pada setiap mata kuliah adalah bahas arab. Dan ini bkanlah satu-satunya bahasa yang boleh digunakan di universitas ini, sebab majelis universitas sebagai dewan tertinggi di Al-Ahgaff mempunyai kewenangan untuk menerapkan selain bahasa arab pada sebagian mata kuliah selain ilmu agama.

Fakultas Syariah dan Hukum
Fakultas Syariah dan Hukum adalah salah satu fakultas yang ada di Universitas Al-Ahgaff yang ditempatkan disebuah kota ulama’ dan ilmu, Tarim Al-Ghanna. Terus berorientasi memelihara dan menggabungkan tradisi salafdan khalaf.

Mata Kuliah Fakultas Syariah dan Hukum
  Secara umum mata kuliah fakultas ini didominasi oleh pelajaran-pelajaran agama, walaupun disini dikaji pula tentang ilmu hokum (hokum-hukum yang berlaku dan diterapkan di Yaman). Prosentasi antara kajian syariah dan kajian hokum di Fakultas ini mungkin sekitar 70% syariah dan 30% hukum. Selain itu mahasiswa juga mendapatkan kesempatan mengikuti pelatihan computer.

Mengenal Lebih Jauh Universitas Al-Ahgaff Yaman [Profil]
 Diantara disiplin ilmu syariah yang dikaji disini adalah : Fiqih Madzhabi, Fiqih Perbandingan, Ushul Fiqih, Tarikh Tasyri’, Ahwal Syahsiyah, Ulumul Qur’an, Maqashid As-Asyr’iyyah, Ayatul Ahkam, Haditsul Ahkam. Nahwu, Lughot Arabiyyah, Mantiq, Balaghah, dan lain sebagainya.

Kemudian diantara fan hukum yang dikaji difakultas ini adalah: Madkhal Qanun, Qanun Madany, Qanun Uqubat, Qanun Iltizamat, Qanun Dustury, Qanun Dauly, Qanun Murafaat, dan lain sebagainya.

 Selain itu, di Fakultas ini juga dikaji beberapa disiplin ilmu yang erat hubungannya dengan dua disiplin ilmu tadi, diantaranya adalah: Iqtishod Islami (Ekonomi Islam), Al-Uqud Al-Musammah, Al-Maliyyah Al-Ammah yang mengupas tentang ekonomi dan keuangan menurut kaca mata islam dan ushul bahts yang membahas tentang tata cara menulis karya tulis ilmiah, sebagai bekal para mahasiswanya untuk dapat menulis dengan baik serta berbobot.


Dan juga Fakultas Syariah dan Hukum, Universitas Al-Ahgaff bukan hanya sebatas mengkaji dan memahami seluk beluk agama dan ilmu-ilmu yang terkait dengan syariah dan hukum. Akan tetapilebih dari itu, sebab factor amaliyyah di fakultas ini juga ditekankan dan diperhatikan oleh para pemngkunya. Melihat kondisi kota Tarim, dimana fakultas ini berada yang masih murni dan belum terpolusi oleh kebudayaan non islam. Sehingga yang dirasakan mahasiswa selama ini adalah ketenangan jasmani dan rohani yang benar-benar tak pernah ditemukan di universitas – universitas lain.


Kemudian seiring dengan perkembangannya. Fakultas Syariah dan Hukum terbagi menjadi dua takhasus(jurusan) yaitu, takhasus syariah dan takhasus syariah wal qanun (syariah dan hukum).
Adapun silabus kuliah yang dikaji dari awal semester hingga akhir silahkan anda kunjungi tautan berikut, Silabus Kuliah Universitas Al-Ahgaff Yaman .

Dosen Fakultas Syari’ah dan Hukum

Diantara para dosen pengajar dan masyayikh yang masih aktif mencurahkan darma baktinya di Fakultas Syari’ah wal Qanun Universitas Al-Ahgaff adalah:
DR. Muhammad Abdul Qadier Al-Aydrus
Syekh Muhammad Bin Bashri As-Segaf.
DR. Amjad Rosyid Al-Maqdisi
Syekh Muhammad Ali Ba'udhan.
Syekh Muhammad Ali Al-Khotib.
DR. Abdullah Bin Syihab.
DR. Alawy Bin Syihab.
DR. Izzuddin As Sudani.
Sayyid Abdullah Abu Bakar Al Aydrus.
Sayyid Abdullah Awad Bin Smith.
Sayyid DR. Abdurrahman As Segaf, MA
Sayyid Abdullah Abdul Qadir Al-Aydrus, MA
Sayyid Alwi Abdul Qadir Al-Aydrus, MA
Sayyid Abdurrahman Thoha Al-Habsy, MA
Sayyid Musthafa Bin Smith, MA
Sayyid Segaff Al Idrus MA.
Sayyid Ahmad Bin Salim Bin Aqil
Muhammad Ismail As-Syuri, MA
Sayyid DR. Hasan Ahmad bin Smith

Dan masih banyak lagi cendikiawan Islam lainnya yang yang berasal dari penjuru jazirah Arab seperti Irak, Syiria, Sudan, Yordania, maupun luar Arab seperti Kanada, Cina, India dan Indonesia.


Lihat Universitas AHGAFF di peta yang lebih besar

 Sarana dan Prasarana
  • Asrama bagi para santri, setiap kamar dilengkapi dengan AC, kipas angin, lemari, dan ranjang.
  • Lapangan Voly
  • Lapangan sepak bola
  • Maktabah (perpustakaan)
  • Gedung kuliah berAC
  • Auditorium
  • Musholla
  • Kantin
Fakultas Putri Jurusan Dirasah Islamiah
Fakultas putri adalah salah satu fakultas di dalam Universitas Al-Ahgaff jurusan ilmu-ilmu keislaman (Dirasah Islamiah). Para mahasiswi dibekali berbagai ilmu keislaman yang sesuai dengan kebutuhan zaman sehingga dapat menjadi wanita yang berwawasan keislaman yang kuat.

Mata Kuliah Fakultas Putri Jurusan Dirasah Islamiah :

1
Fiqh
13
Sirah
2
Nahwu          
14
Balaghah
3
Tilawah dan Tajwid
15
Ayatul Ahkam
4
Tadbir Manzily
16
Ahaditsul Ahkam
5
Madkhal ila ‘ilmi nafs
17
Ushul fiqh
6
Ulumul Qur’an
18
Manahij Bahst
7
Tareh Tasyri’
19
Turuqu tadris
8
Usul Tarbiah
20
Suluk
9
Tafsir  
21
Komputer
10
Dirasah khasah
22
Skripsi
11
Manahij wa Asalib
23
Praktek lapangan      
12
Musthalahal Hadist


  Syarat-Syarat Kuliah Di Universitas Al-ahgaff
1. Lulus SMU atau sederajat dengan nilai rata-rata 7,5 (Ijazah) atau 7,0 (NEM)
2. Melunasi keuangan pendaftaran dan biaya kuliah sesuai yang telah ditentukan pihak Universitas
3. Menitipkan uang tiket untuk pulang
4. Mengisi formulir yang tersedia
5. Menandatangani beberapa surat perjanjian
6. Menyerahkan fotocofi ijazah yang telah dilegalisir dan diterjemahkan kedalam bahasa Arab serta mendapatkan rekomendasi dari kedutaan Yaman
7. Menyerahkan surat tanda pengenal (paspor atau kartu pengenal)
8. Menyerahkan pas foto berwarna yang terbaru berukuran 4x6 sebanyak 15 lembar
9. Surat keterangan Dokter bebas dari penyakit (hepatitis B dan aids)
10. Lulus ujian dalam materi bahasa Arab dan fiqh
11. bersedia masuk persiapan minimal 1 (satu) tahun
12. Menyerahkan surat keterangan dari guru pembimbing (Sekolah)
13. Surat izin dari orang tua

Untuk mengenal lebih jauh tentang Universitas Al-Ahgaff, bisa hubungi:
Al-Habib Hasan Al-Jufri :Komplek pondok pesantren Jagasatru Cirebon 45115
Telp/Fax : (0062)(231)237620
HP : (0062)8122212000
E-mail : hasanaljufri@yahoo.com, hasanaljufri@maktoob.com



Atau anda bisa kunjungi website Universitas Al-ahgaff :
 Source : PPI Hadhramaut

Baca juga :

No comments

Post a Comment

to Top