--> Padamu Negeri Ku Berjanji, Berbakti, Mengabdi
Home Artikel / Opini

Padamu negeri kami berjanji
Padamu negeri kami berbakti 
Padamu negeri kami mengabdi 
Bagimu negeri jiwa raga kami - [Soul Of The Nation, Padamu Negeri By Kusbini]







Allah. Satu bait saja Kusbini mampu membuatku spechless tak mampu ucapkan kata-kata. Sederhana, namun mampu menyampaikan banyak makna bagiku. "Berjanji, Berbakti, Mengabdi", arrgghh, "Berjanji, Berbakti, Mengabdi Dengan Jiwa Raga".



Padamu negeri kami berjanji, bersumpah atas nama Tuhanku pada negeri ini -Indonesia- kan kupertaruhkan seluruh jiwa raga. Kubela tanah ini dengan seluruh mampuku. Ku berjanji tak bersyarat atas kecintaanku pada tanah ini, rumah ini.
 
Padamu negeri kami berbakti, kulakukan dengan penuh kesetiaan atas tumpah tanah air ini, bangsa ini Indonesia. Kubaktikan seluruh hidupku untuk kebesaran bangsa ini, kemajuan negeri ini. Adalah dosa besar bagiku jika tak andil membangun negara ini.

Padamu negeri kami mengabdi, kuhambakan diri rapuh ini untuk segala kepentingan negeri dan bangsaku Indonesia. Tanpa pamrih atas nama negeri ini, kuabdikan diri untuk kemajuan dan berkembang. Membesarkan nama bangsa besar ini, bangsa Indonesia.

 Bagimu negeri jiwa raga kami, atas nama negeri ini kukorbankan jiwa ragapun ku tak perduli untuk bangsa ini. Negeri ini adalah harga mati, hingga hayat dikandung badan melayang.

Atas nama negeri ini, Ku Berjanji, Berbakti, Mengabdi Dengan Sepenuh Jiwa Raga. Selamat Dirgahayu Indonesia Ke-68, Jayalah Bangsaku-Jayalah Negeriku-Jayalah Indonesiaku.

Mukalla, Prov. Hadhramaut, Yaman
13-Agustus-2013

Baca juga :

4 comments

to Top