--> Pingin Pintar Apa Harus Menghapal???
Home Artikel / Opini

  Bismillah wal hamdulillah.

  Dua pekan Kang Omen lagi sibuk-sibuknya menghadapi Final Exam untuk bisa naik tingkat kedua. Mendapat nilai di bawah minimum dan di-DO dari kampus adalah dua hal yang menjadi phobia saya terbaru. Takut mengecewakan mereka yang membiayai saya kuliah disini, guru-guru, orang tua, dan teman-teman yang selalu menyupport  saya selama ini.



  Ujian dan hapalan, dua hal yang mungkin tidak bisa dipisahkan. Semalaman suntuk harus menghapal diktat atau kitab-kitab pelajaran, agar esok lancar mengisi lembar-lembar jawaban. Kenapa harus dihapal? Karena berbahasa arab, yang kadang sulit menyusun kalimat sendiri yang sesuai dengan pemikiran pengarang. Itu adalah alasan terlogis saya kenapa harus menghapal.

  Pingin pintar apa harus menghapal??? Apa cuma hapalan yang bisa bikin kita sukses di ruang ujian, sukses menjawab dan mengisi seluruh lembar jawaban??? Orang-orang jenius terdahulu hapal Al Qur'an seluruhnya di umur tujuh tahun. Hapal puluhan ribu hadits Nabi, hapal berjilid-jilid kitab, hapal ribuan bait syair. Semuanya hapalan, apa harus seperti mereka?? Menghapal. Dan Menghapal.

  Masih ingat dulu di smp saat diajar pepatah-pepatah arab selalu disuruh menghapal satu dua bait di depan kelas. "Belajar saat belia seperti mengukir di batu, belajar saat renta seperti melukis di air". "Ilmu itu terletak di otak bukan di lembar-lembar kertas". "Belajarlah, karna tidak ada manusia terlahir pintar. Dan tidaklah sama orang pintar dengan orang bodoh". Dan masih banyak lagi, semua tentang semangat menuntut ilmu dan menghapal.

  "Ilmu itu terletak di otak bukan di lembar-lembar kertas", emang benar. Tapi untuk meletakkan pengetahuan ke dalam otak apa mesti menghapal teks-teks diktat?? Tidak mesti!!!

  Menghapal tanpa pemahaman itu seperti menyimpan pedang tapi tak tahu untuk apa senjata itu digunakan. Dan orang yang paham itu, tahu kegunaan pedang meski dia tak memilikinya. Jadi menurut saya, pemahaman tetaplah harus dinomor-satu-kan. Jalan untuk sukses ujian bukan hanya dengan menghapal.

Baca juga :

1 comment

  1. Bagus gan, yah ane sendiri termasuk orang yang sulit untuk menghapal sebetulnya :D hehehe... belum nemu aja nih caranya :D

    ReplyDelete

to Top