--> Rahasia Mancing Ikan Salap
Home Artikel

Tutorial ini terinspirasi dari hobi bapak saya,memancing. Mancing di laut,sungai,parit pokoknya yang berhubungan dengan masalah mancing bapak saya suka. Dan ini adalah salah satu kelebihan bapak saya. Sering saya dengar Tentang kehebatannya memancing, dan dapat saya buktikan dengan mata kepala saya sendiri bahwa itu seribu persen benar.


 Saat saya masih kecil masih sd,saya sering diajak bapak untuk mancing di sungai. Dan yang membuat saya takjub, terlihat di air sekitar senar pancingan banyak sekali ikan yang muncul layak mancing di kolam atau empang. Ikan-ikan berebutan umpan yang tertabur. Dan anda tahu, berapa banyak ikan yang kami dapat saat itu. Saat itu kami mendapat hampir satu karung ukuran 20kg penuh dengan ikan.


Tutorial memancing berikut bukan untuk semua jenis ikan,tapi khusus untuk memancing ikan salap,nama ikan yang saya ceritakan di atas. Ok,bagi anda yang belum tahu ikan salap,akan saya jelaskan sedikit mengenai  jenis ikan ini menurut pengetahuan saya. Ikan ini hidup di air tawar atau air sungai. Bentuknya seperti  ikan mas,nila,ikan putih,atau jelasnya berbentuk pipih dengan warna sisik  putih bersih mengkilat biasanya dan memiliki patin  berwarna merah ada kuningnya sedikit. Ikan ini kalau masih  kecil,anda perlu ekstra hati-hati saat memakannya karna memilik banyak tulang dan tulangnya bercabang. Tapi  jangan takut masalah rasa, ikan ini manis gurih apalagi kalau dibakar atau digoreng.


Lanjut pada inti,cara memancing ikan ini. Untuk memudahkan anda memancing,saya sarankan untuk menggunakan stik atau kayu pancingan dengan bambu dengan diameter 3 cm kira-kira,dan panjang krang lebih 2,5 meter. Gunakan senar ukuran ekstra kecil dengan panjang kira2 2 meteran,mata pancing kabon yang juga ukuran paling kecil,dan pemberat timah kecil(sebaiknya menggunakan timah bekas tempat balon2).


Selanjutnya umpan,ini adalah rahasia keunggulan tutorial ini. Umpan yang  akan digunakan adalah biji kapuk yang sudah dijemur kering,yang kemuidian diolah lagi hingga bisa dijadikan umpan. Silahkan sediakan biji kapuk kira2 setengah kilo,kemudia pilah biji kapuk 1/6 untuk direndam  dengan air panas hingga biji kapuk melembek dengan kadar bisa dipasang di mata pancing. Usahakan biji kapuk tersebut tetap terendam agar memudahkan saat  memancing.

Kemudian 5/6 biji kapuk sisanya lanjut kita sangrai atau  goreng tanpa minyak di wajan,agar lebih kering. Jangan lupa menggoyang-goyangkan  saat menyangrai hingga berbau.Kemudian biji kapuk yang telah disangrai selanjutnya  kita tumbuk dengan alu seperti menumbuk padi hingga halus. Setelah halus,persiapan telah selesai.



Terakhir cara memancing,dengan dengan pancing yang telah kita siapkan di atas. Taburkan bubuk biji kapuk di air yang akan kita pancingi. Gunakan biji kapuk yang sudah dilembekkan,letakkan di mata pancing. Mancinglah dengan kedalaman mata pancing kira-kira satu jengkal.Tips terakhir,jika anda ingin memancing ikan salap ini sebaiknya saat air sungai mau pasang atau mau surut. Dan air sungai saat keadaan jernih.


Ok sob, selamat mempraktekkan tutorial ini. Maaf jika saya tidak bisa memostingkan poto ,soalnya ngga punya potonya. Masa musti saya pulang ke indo dulu..hehe...
ok ya,,wassalam

Baca juga :

11 comments

to Top